Manchester United

Senin, 20 September 2010 jonggol di benahi,Disiapkan sebagai ibukota?

Wacana Kecamatan Jonggol, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, menjadi ibukota baru menggantikan Jakarta bisa semakin menguat. Awal tahun 2011 ini, akan dilakukan rencana pembangunan infrastruktur di wilayah timur Kabupaten Bogor ini, dengan nama proyek Poros Timur-Tengah.

Hal itu diakui, Kepala Badan Perencanaan Daerah (Bapeda) Kabupaten Bogor, Muhammad Zairin. Zairin mengatakan, pembangunan Poros Timur-Tengah merupakan salah satu untuk mempersiapkan kepindahan ibukota Negara ke Kecamatan Jonggol. Sehingga, masyarakat bisa melalui Cibubur dan Sentul Selatan ke arah Jonggol.


Ia menjelaskan, pembangunan Poros Timur-Tengah melibatkan empat kecamatan mulai dari Sukamakmur, Jonggol, Cariu sampai Tanjungsari. Anggaran pembangunannya diambil dari APBD Jawa Barat.

Lebih lanjut ia mengatakan, pembangunan poros Timur-Tengah akan menggeliatkan perokonomian di Kabupaten Bogor bagian Timur. Kemudian, sektor pariwisata juga bisa terdongkrak bila pembangunannya sesuai waktu yang direncanakan.

“Nanti ada jalan dengan lebar 30 meter. Kemudian dari Sentul bisa lewat Sukamakmur hingga tembus ke Jonggol menuju tempat wisata Kota Bunga di Kabupaten Cianjur,” katanya, Senin 20 September 2010.

Informasi yang diperoleh menyebutkan, sampai saat ini Pemkab Bogor sudah membuka jalan sepanjang 26 kilometer menuju pembangunan poros Timur-Tengah di Kecamatan Sukamakmur. Namun, beberapa pembebasan tanah ada yang harus diselesaikan dengan pihak Perhutani.

Wacana Jonggol sebagai ibukota baru muncul di masa pemerintahan Orde Baru. Wacana ini hidup lagi setelah beberapa bulan ini sejumlah politisi dan pengamat tata kota mengusulkan kembali pemindahan Ibukota. Salah satu tempat yang dijadikan incaran adalah Jonggol. (umi)
Digg it StumbleUpon del.icio.us

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright 2010 INDONESIA DAN AREMA
Carbon 12 Blogger template by Blogger Bits. Supported by Bloggermint